BAB I - LOGIKA DAN ALGORITMA

BAB 1 PENDAHULUAN 

LOGIKA
adalah cara perpikir terhadap sesuatu
ALGORITMAadalah alur logika berpikir manusia yang ditransformasikan kedalam langkah-langkah yang diambil dalam menyelasaikan suatu pekerjaan
LOGIKA DAN ALGORITMA

PROGRAM Kumpulan intruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu BAHASA PEMROGRAMAN Dapat dianalogikan dengan bahasa yang digunakan manusia (bahasa inggris, indonesia ataupun bahsa kuala). Manusia dapat melakukan intruksi berdasarkan kalimat dan komputer dapat menjalankan suatu intruksi menurut program. Terdapat banyak sekali bahasa pemrograman seperti pascal, C, C++ dan lain-lain.
LOGIKA DAN ALGORITMABAHASA BERARAS TINGGI Bahasa pemrograman yang berorientasi kepada bahasa manusia misalnya C, C++, Pascal dll BAHASA BERARAS RENDAH Bahas pemrograman yang berorientasi kepada mesin, bahasa ini menggunakan kode biner (yang hanya mengenal kode 0 dan 1) bahasa mesin dan bahasa rakitan
LOGIKA DAN ALGORITMAPENERJEMAHAN BAHASA Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman seperti C dan C++ sebenarnya tidak dimengerti oleh komputer secara langsung karene komputer hanya mengerti bahasa mesin. Agar program dapat dimengerti oleh komputer harus diterjemahkan terlebih dahulu kedalam bahasa mesin. Proses ini dilakukan oleh program yang disebut translator (interpreter dan kompiler)
LOGIKA DAN ALGORITMAPENERJEMAHAN PADA INTERPRETER PENERJEMAHAN PADA KOMPILERKODE SUMBERINTRUKSI 1INTRUKSI 2INTRUKSI 3

URUTAN PENGERJAAN :Intruksi 1 diterjemahkan kemudian dijalankanIntruksi 2 diterjemahkan kemudian dijalankanIntruksi 3 diterjemahkan kemudian dijalankan

URUTAN PENGERJAAN :Intruksi 1 hingga intruksi 3 diterjemahkan menjadi kode objekPENGEKSEKUSIAN PROGRAM :Ketika kode objek dijalankan, tidak ada penerjemahan lagi dan bergantung kode sumber

KODE SUMBERINTRUKSI 1INTRUKSI 2INTRUKSI 3
LOGIKA DAN ALGORITMA KELEBIHAN DAN KELEMAHAN INTERPRETER DAN KOMPILER
Kemudahan mencari kesalahan seandainya program menghasilkan sesuatu yang dianggap salah ketika program dijalankan, karena kode sumber selalu tersedia
KELEBIHAN :Pengerjaan intruksi dilakukan dengan sangat cepat, karena setelah kode objek terbentuk maka tidak perlu lagi adanya penerjemahan.

Kode objek dapat didistibusikan ke komputer lain tanpa perlu menyertakan kode sumber dan kompiler, sehingga ketersediaan kode sumber tetap terjamin

KELEMAHAN :Kode sumber harus selalu tersediaEksekusi lambat

KELEMAHAN:Seluruh kode sumber harus benar secara sintaks agar program dapat diuji
LOGIKA DAN ALGORITMATahap-tahap untuk menyelesaikan permasalahan dalam membuat perangkat lunak :
Baca Masalah
Mendefinisikan masalah dengan jelas, tidak membingungkan dan memahami apa yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Semua aspek yang tidak perlu dibuang.
Analisis
Menentukan input, output dan batasan atau informasi tambahan.Menentukan format output yang diminta.
LOGIKA DAN ALGORITMATahap-tahap untuk menyelesaikan permasalahan dalam membuat perangkat lunak :
Perancangan
Merancang langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah (algoritma). Tahapan ini seringkali digambarkan dalam bentuk flowchart.Langkah ini merupakan langkah yang cukup sulit, karena jangan menyelesaikan masalah secara detail ditahap awal, tetapi gunakan metode top down design ( devide & conquer ), yaitu dengan memecahkan problem dalam beberapa subproblem. Penyelesaian problem diperoleh dengan menyelesaikan sub-sub problem.
LOGIKA DAN ALGORITMASubproblem bisa berupa sistem terbuka atau sistem tertutup. Sistem terbuka adalah sistem yang terdiri dari membaca dari keyboard atau file, melakukan proses data baik secara sequential, conditional, atau repeatition, dan menampilkan hasil ke layar monitor atau file.
Implementasi
Menterjemahkan tia-tiap langkah yang ada pada algoritma ke dalam perintah bahasa pemrograman.
LOGIKA DAN ALGORITMA Testing

Mencoba berkali-kali dengan data yang berlainan untuk menyimpulkan apakah perangkat lunak yang dibuat masih mengandung error atau tidak.
Maintenance
Melakukan modifikasi perangkat lunak untuk mengilangkan error yang sebelumnya tidak terdeteksi dan enjaga agar tetap up to date (running well).
Simbol-simbol Flowchart

LOGIKA DAN ALGORITMA
Simbol-simbol FlowchartInisialisasi
ProsesKonektor
Pemilihan antara 2 alternatifInput/OutputStart/Stop
LOGIKA DAN ALGORITMA Contoh :
Arnie sangat menyukai jogging pagi. Selama ia jogging, ia menghitung berapa langkah yang ditempuh selama menit pertama dan menit terakhir. Kemudian Arnie menghitung rata-rata dari menit pertama dan terakhir kemudian menganggap bahwa rata-rata ini dapat mewakili rata-rata langkah setiap menitnya. Buat program yang menerima rata-rata langkah yang dibuat setiap menitnya dan total waktu yang ditempuh Arnie untuk jogging dalam jam dan menit, lalu menampilkan jarak yang ditempuh Arnie dalam mil.
Asumsi 1 langkah yang dibuat Arnie adalah 2,5 feet. ( 1 mil = 5280 feet ).
LOGIKA DAN ALGORITMA Jawab : Baca problem
Buat program untuk menghitung jarak yang ditempuh Arnie (dalam mil ) sewaktu ia lari pagi, jika rata-rata banyaknya langkah yang dibuat dalam tiap menit dan waktu yang diperlukan untuk jogging (dalam jam dan menit) diinput.
Asumsi 1 langkah = 2,5 feet dan 1 mil = 5280 feet.
Analisis
Input : rata-rata langkah yang dibuat dalam 1 menit, waktu joging dalam jam dan menit.Output : Jarak yang ditempuh sewaktu jogging (mil).
LOGIKA DAN ALGORITMAInput : rata-rata langkah yang dibuat dalam 1 menit, waktu joging dalam jam dan menit.Output : Jarak yang ditempuh sewaktu jogging (mil).
Informasi
tambahan : 1 mil = 5280 feet, 1 langkah = ,5 feet.Format output : -
LOGIKA DAN ALGORITMA Perancangan Baca Rata, Jam, menit Baca rata
Baca jamBaca menit
Hitung JarakJarak = (Rata(60 jam + menit)2,5)/5280
Cetak Jarak
Jarak = (Rata(60 jam + menit)

LOGIKA DAN ALGORITMAFlowchartStart
Baca jam, menit, rataJarak = (Rata(60 jam + menit)
CetakStop
LOGIKA DAN ALGORITMA LATIHAN Jelaskan apa yang dimaksud dengan istilah
ProgramBahasa pemrograman
Algoritmainterpreterkompiler
Jelaskan kelebihan dan kelemahan interpreter dan kompiler
Sebutkan alasan mengapa pemrogram cendrung menggunakan bahasa pemrograman beraras tinggi
LOGIKA DAN ALGORITMA
4. Budi sekarang duduk di kelas 2 sekolah dasar 'AyahBunda'. Salah satu pelajaran yang disukai Budi adalah matematika. Pada pokok bahasan belajar perkalian, semua murid kelas 2 mendapat tugas untuk menghitung luas kamar tidur masing-masing. Tolong Anda bantu Budi menghitung luas kamar tidurnya!.
5. Pak Gopal memasang kabel koaksial di Laboratorium Fakulas Teknik. Untuk setiap instalasi pada 1 lokasi pak Gopal memasang tarif berupa 'Biaya pelayanan dasar' sebesar Rp ,- dan per meter kabel biaya pemasangannya Rp 5.000,-. Selama bulan Agustus 1996 pak Gopal telah memasang kabel koaksial sepanjang 268 m pada 27 lokasi.
Berapa rupiah pendapatan pak Gopal pada bulan itu ?

6. Bu Dora menjual mangga dengan harga Rp 500,- per buah. Seorang pembeli akan mendapatkan diskon sebesar 10% jika total pembeliannya di atas Rp ,-. Tampilkan total yang harus dibayar seorang pembeli, besarnya diskon yang didapat dan total yang harus dibayar sesudah dikurangi dengn diskon.
7. Hitung nilai dari n2, jika operator aritmatika yang diperbolehkan adalah penjumlahan.
8. Menghitung jumlah deret: (suku ke-(n-l) * suku ke-n)

9. Tampilkan suku-suku dari deret berikut selama jumlahnya masih kurang dari n 1, 2, 4, 8, 16, ....
10. Pagi hari ini Andi merasa senang sekali, karena hari ini adalah hari pertama ia memasuki sekolah dasar kelas 1. Pada jam pelajaran pertama Andi mendapat pelajaran berhitung. Karena baru pertama kali mendapat pelajaran tersebut Andi merasa kesulitan untuk mengikutinya. Tetapi Andi tidak kehilangan akal, ia akan membuat tabel penjumlahan dari 1 sampai 10 lalu baru dipelajari. Tolong bantu Andi untuk membuat tabel tersebut. 
Bentuk tabel yang diinginkan adalah sebagai berikut :

11. Ani menabung uang sebesar Rp ,00 dengan bunga majemuk sebesar 10%. Pada tahun keberapakah uang Ani menjadi n kali lipat ( N diinput).





Comments